Minggu, 20 Maret 2011

Nenek part 5

Pg2 Nenekku dach ribut  nyuruh ini dan itu ...sm dua pembantunya yg perempuan...
Aku jd terbangun....sedangkan dua adikku msh asyik dibuai mimpi indah....
Cb ambil granat muncrat sm macan ketawa....
He..he...kebaya Nenekku ternyata ada nmnya.....kirain ada apa...lucu jg ya....maksudnya biar memudahkan pembantunya  ngambil kebaya yg diinginkan Nenekku....

Nenekku saat itu msh terbilang md, gagah dan agak glamour....
Rencananya mo pergi ke kota ...hbs dach pk kain kebaya yg bagus serta sanggulan ....lengkap dgn giwang, kalung dan gelang di tangan kiri kanannya....
Pg2 skl ditemani Ceu Erti dan Mang Mirut ....Nenekku berangkat....aku ogah ikut....takut di jln galaknya keluar...ngeri...ngeri....

Suasana di pg hr sangat menyenangkan....
Aku ditemani satu pembantu perempuan dan Mang Sakun ..pembantu Nenek yg laki2....
Makanan dach disiapkan tuk pg sampai sore kynya...krn komplit banget....
Nenekku mmg perempuan yg luar biasa gesit dan tak mengenal kt capek.....luar biasa mengagumkan....

Halaman belakang rumah adalah tempat favoritku ....luas dan adem.....apa lg ada sungai kecil yg airnya jernih dan lumayan deras...
Ada pohon kedongdong yg diafit dua pohon kelapa.....serta sumur yg kuanggap ajaib..krn cukup pk tambang pendek dach langsung bs diambil.....tak spt di Pwk hrs sampai 13 mt ....
Samping rumah ada pohon jambu air ......sedangkan samping kanannya dibiarkan kosong ....mungkin tuk tempat jemur2...Nenekku kan rajin bkn camilan spt rengginang ato makanan yg sebelum di makan hrs di jemur dl....benar2 rumah yg sehat....

Anak tetangga pd mulai ngumpul ...Ibu2nya jg ada..kebetulan kedua adikku dach bangun....
Kebanyakan tetanggaku ini gak bs sunda apa lg bhs Indonesia ...mrk menggunakan bhs jawa Cirebon tuk berkomunikasi se hari2....
Setiap gerakan km sll jd perhatian mrk ..apa lg kl km ngomong pk bhs sunda ...langsung tertawa....AIH ...CILIK2...PINTAR NGOMONG SUNDA YA....
He..he..apa lucunya...wong km semua diam dilingkungan sunda jeh...ya otomatis bs...dasar....
Saat mrk ngomong dan aku jwb pk bhs Jawa ...eh ...malah pd melongo....ktnya ....IKH...WONG KOTA PINTAR2 YA...NGOMONG APA AJA BS....
Aku jd pengen ketawa ngakak....ortuku kan dua2 nya Jawa ...kl dirumah justru sering pk bhs Jawa...pinternya dr mn coba...itu kan sebagian bhs se hari2 km....

Adik perempuanku yg paling kecil termasuk jutek dan sk maksa ngambil mainan orang lain....
Tp Ibu mrk diam aja ...malahan kl ada anak yg melawan sk langsung dimarahin ...JGN ..NANTI DIMARAHIN NENEKNYA..TUCH ADA PENJAGANYA DUA ORANG....sambil nunjuk dua pembantu Nenekku......(Oooohhhh...pantas....aku jg cucunya takut ...pa lg orang lain....Nenekku gt lho...)

Saat km bertiga disuapin...mrk sptnya kepengen dgn apa yg km makan....
Krn kasihan ...aku kasih....eh....mrk pd nolak.....bkn aku heran ....
Ternyata...mrk mau nerima kl Nenekku yg ngasih....kl melanggar  ....t a k u t t t.....
Pantas sj dua pembantu tak berani nerima makanan yg kukasih apa lg mengambil yg bkn jatahnya....
Wowww.....Nenekku ..benar2 luar biasa.....

Sore hr Nenekku pulang dgn bawaan yg .......ya ampun....banyak banget.....
Ktnya buat oleh2 ke Pwk...wah2....alamat incident waktu berangkat bakalan terulang lg nich....alamakkk.....

Hingga saatnya pulang ke kota kelahiranku.....
Kedua adikku dach didandani ....pk bando, syal dan baju yg .....ikh...aku tak sk.....baju ulang tahun....gatal dan panas....pa lg dipakein gelang, anting dan kalung.....
Mulai dech Nenekku marah2 ...krn aku sll protes aturannya....
Langsung semburannya keluar...BOCAHKU YA GAK BS DIATUR ....INI BAJU ARTIS YG DI TV ...ELLY KHADAM...CHARLES HUTAGALUNG....SEMUA PK INI  (nunjukkin syal sambil memasangkan di leherku) ....NICH ANTING AGOGO BIAR CANTIK KY TITIK SANDHORA....
Waduh sesuatu yg paling tak kusuka ...dipaksa sk....aku jd cemberut dan pengen nangis jerit2....tp takut malah ditabok....
Mknya sepanjang perjalanan  diam aja....aku janji tak mau diajak ke Cirebon lg...kesal...kesallll....

Sesampainya di Pwk....Bpkku senyum2 penuh arti ..tp Ibukku mlh ngakak habis2 an.....krn melihatku yg berdandan lain dr pd yg lain....
Aku langsung menangis sambil memeluk Bpkku dan pengen cepat2 ganti baju.....
Eh...Nenekku melarangnya...krn pr tetangga belum semuanya berkumpul...duch apa maksudnya sich....
Ternyata ..Nenekku ingin semua th ..cucunya dach tiba dan penampilannya lain dr pd yg lain...
Aduch ...malu2 in aja sich....

Benar aja tak lm kemudian semuanya  ngumpul dan Nenekku langsung menyuruh km tuk ngebagiin oleh2 ...
Semua pandangan tertuju pdku ....krn aku sjk kecil tak sk berpenampilan ky perempuan ....ini malah dibentuk spt perempuan jadi2 an....kpn deritaku selesai nich....
Kedua adikku mlh senang didandani spt ini...pa lg adikku sampai tua tetep aja modis....mungkin krn bentukan dr Nenekku

Bulan ini genap meninggalnya Nenekku yg ke 28 thn.....
Dl aku sering ngebantah krn Nenekku sll memaksakan kehendaknya mesti aku tak sk....
Sekarang aku malah bangga pd Nenekku ...btp beliau sll berusaha agar cucu2 nya lain dr pd yg lain.....dan jd pusat perhatian .....
Smg ALLAH SWT membukakan pintu surga lebar2 untuk Nenekku........

0 komentar:

Posting Komentar