Sabtu, 26 Maret 2011

OWWWW........TIDAK BISSSAAAA.....

Sering banget aku melihat ....kakakku diberi tg jawab yg terlampau berat untuk usianya yg msh bocah saat itu....
Ngurus keempat adik2 nya, blanja buat warung dan bantu2 C Mang tk ngebangun rumah....
Maklum saat itu orang tua kami lg memperbesar rumah ......kebayangkan capeknya ...luar biasa...

Aku ingat saat itu hr mulai mendung....dan kakakku disuruh beli beras ke pasar....
Aku pengen ikut..tp kakakku menolak ...krn nanti pasti pulangnya minta digendong....jd berabe hrs bawa beras yg lumayan banyak....
Dulu susah mencari becak dan angkutan lain...jd sgl kegiatan dilakukan dgn jalan kaki....Bapakku aja kl pergi ke kantor pk sepeda kumbang....
Kl beli bahan bangunan ...diantarnya pake gerobak sapi....maklum belum rame spt sekarang ini....

Meski aku nangis jerit2...kakakku cuek aja melenggang dan tak lama kemudian hujan turun dgn derasnya......
Tiba2 kakakku pulang dgn badan basah kuyup dan muka pucat serta badannya lecet2  .......ya ampun....beras yg dibawanya jd banyak banget krn tercampur air....
Demi melihat itu ...Ibuku mau marah dan ....kakakku menangis ......aku pikir takut dipukul ma Ibuku....

Dia crt ...krn kl ngambil jalan depan kejauhan....jd lewat jalan pintas tp hrs melalui jembatan dr bambu.....
Mungkin krn ujan dan bawaanya terlalu berat....pas nyebrang jembatan yg cm dr bambu itu ....kakakku terpeleset....dan akhirnya jatuh ke sungai yg lumayan deras....
Setelah terbawa arus lumayan jauh ..akhirnya diselamatkan orang yg lg mancing yg kebetulan tetangga sebelah rumahku....
Ktnya untung slm hanyut ...beras sekarung itu dipegangnya erat2 ...krn kl lepas pasti Ibuku akan marah luar biasa....dan justru gara2 beras itu kakakku bs dgn mudah diselamatkan ......
Aku jd sedih dan kasihan....jg bersyukur tak ikut ...coba kl ikut....pasti tak akan sampai bs  nulis crt ini....

Kakakku sll jd orang yg disalahkan kl aku celaka ....padahal aku saat kecil nakalnya mmg luar biasa....
Ya...aku yg celaka.....kakakku yg dihukum...benar2 adiik pembawa petaka....
Kadang kl dia ingin bela diri....krn merasa tak salah...langsung dimentahkan ma Ibuku...KM LAHIR DULUAN ...DACH KENYANG DGN KASIH SAYANG ...GILIRAN ADIKMU SEKARANG....MKNYA BANTU EMAKMU INI....AWAS KL CELLAKA LG....

Oh...jd krn itu toh....kakakku sll dipaksa mengalah dan dikalahkan ...meski jelas2 adiknya yg berulah....kasihan amat jd kambing hitam...
Tp sbg anak kedua dgn 2 adik perempuan dan 1 adik laki2....aku tak mau disamakan dgn kakakku...
Kl Ibuku marah gara2 adikku nakal ...aku sering berontak ....dan kl didepan Ibu diam ...dibelakang aku balik marahin adikku ...kl msh nakal kadang kupukul jg....mknya mereka sering menyebutku ...SI OTORITER.....

Kakakku sampai setua ini sering mengalah sm aku dan tiga adikku yg lain....mungkin kebiasaan dr kecil...
Lain sm aku ....kl salah aku akan diam...tp kl benar ...akan berontak....mknya ketiga adikku sering menjuluki aku sbg ....ORANG MISKIN YG SOMBONG....
Boleh macam2 sm kakakku ...sm aku.....OWWW...TIDAK BISSA.......DAN ...TIDAK BOLEHHH....
Meski bgt ...ketiga adikku lbh sayang ma aku...sebab biar galak, otoriter dan sombong....aku punya perasaan sayang dan penuh perhatian .....
Alhamdulillah aku jg bs pegang amanat kedua orang tuaku agar menghantarkan mrk sampai berhasil dan sukses....kebetulan sejak gadis aku dan mrk udah yatim piatu .....

Dari sebuah warung dan peninggalan orang tua....semua adikku sukses ...dan hanya akulah yg diam di tempat....dr dulu hingga sekarang hanya begini...begini aja....
Tp mrk sering care kl aku memerlukan bantuan.....mungkin meski sering berantem ..rasa saling menyayangi lbh dominan diantara kami semua...sampai Ibu Mertuaku bilang...BETAPA HEBATNYA ORANG TUAMU MENDIDIK ANAK2 NYA......
Ya...Ibu dan Bapakku meski dr kampung ...mmg orang yg hebat dan luar biasa....aku bangga jd anaknya....

0 komentar:

Posting Komentar