Selasa, 22 Maret 2011

TERKADANG BINGUNG MEWUJUDKAN KASIH SAYANG SM ANAK KITA......

Meskipun aku dididik ala militer ....istilah untuk disiplin yg kedua orang tua lakukan .....tp aku tak akan melakukan hal yg sm untuk kedua anakku....
Krn meski berdampak lbh tg jawab dgn apa yg kt lakukan ....tp ada unsur kekerasannya...misalnya kl salah dihukum.....
Nah..kynya aku tak bs nerima ini ....lbh enak melakukan pendekatan dgn kasih sayang ..dan jk melanggar ..hukumannya cukup menyadarkan mrk ..bahwa itu salah...istilahnya lbh cantik dlm memberi hukuman.....

Sedari kecil kedua anakku ..sangat bergantung sm MMnya....
Maklum suamiku berangkat ke kantor jam 5.30 dan pulangnya  malam bahkan terkadang gak pulang sampai 1 minggu krn ada tugas dr kantornya....
Mknya kedua anakku tak terlalu dekat...hbs saat suamiku pergi ke kantor ...kedua anakku msh tidur dan ktk pulang ...mlh udah tertidur.....

Kl bangun tidur ...aku menyapa jagoanku dgn salam ...HAI..COY ....MET ...PAGI....AYO MANDI .....
Lain dgn Bidadariku .....HALLO....SELAMAT PAGI ....CANTIK.....EH ..BIDADARI MM UDAH BANGUN....
Pokoknya aku perlakukan sesuai dgn jenis kelaminnya....cowox ..hrs jd lelaki banget dan yg cewex ...ya  gt dech....
Mungkin krn Ibunya lbh spt laki2 ...jd biar di didik ala cewex pun ...tetep aja Bidadariku spt aku......tomboy...

Aku mulai mrs ada yg salah saat Jagoanku udah mulai  punya pacar....
Krn aku gampang akrab ..jd lumayan dekat jg ma kekasih anakku...kebetulan dia perempuan yg baik dan perhatian banget ma Jagoanku....udah hampir 6 thn  hubungan mrk ini....
Krn saking terlalu sayangnya ..kl kedua anakku sakit ..aku pasti tak bs tidur menungguin mrk, terkadang nangis trs takut terjadi apa2...dan biasanya setelah mrk sembuh....justru akunya yg kemudian sakit....

Nah..suatu hr Jagoanku sakit ...dan pacarnya datang menengok...
Dia ter kaget2 melihat Jagoanku bgt manjanya ma aku...padahal slm ini dia mengenal anakku sbg seoraang laki2 yg punya jiwa kepemimpinan yg tinggi, berwibawa dan bertg jawab....kok saat sakit spt bayi....minta disayang, di elus2 dan diperhatikan...
Di sini aku mulai mrs ada yg salah....terlalu over protektifkah aku.....

Bgt jg dgn Bidadariku....
Sjk br bangun tidur sampai mau sekolah ...aku sll memperhatikannya ...entah dgn mengucap salam atau sapaan mesra lainnya...
Dan dia akan sll bercrt kl pulang sekolah...ttg apa2 yg dia lihat dan temui sepanjang perjalanan ke sekolah hingga pulang...entah itu teman2 nya, guru, tk jualan ...apa aja..tak luput dr bhn crtnya....
Mknya secapek apapun aku hrs siap mendengarkan crt anakku ini...kl tdk dia akan merengut dan ngambek pdku....
Tiba2 aja nanti akan ada tulisan disecarik kertas di meja rias atau tempat tidur .. AKU BENCI MM...dr Bidadariku...
Ya..aku melarang mrk berteriak kl marah...cukup menulis disecarik kertas pdku....

Kebetulan pacar Bidadariku ini seorang cowox yg lumayan dewasa....dan hidupnya termasuk keras serta kurang romantis...jd betul2 jauh banget dgn sifat anak gadisku yg manja dan senang diperhatikan....
Setiap hr kerjanya nangis melulu...krn ktnya kok punya kekasih tp spt tak dianggap kekasih.....
Tiba2 aku mrs tuk yg kedua kalinya ..bahwa aku benar2 Ibu yg meracuni anaknya dgn limpahan kasih sayang yg berlebihan...mknya anakku jd haus di perhatikan ma pasangannnya....
Tak lm kemudioan hubungan anakku bubar...dia ngikuti saranku....kl ms pacaran aja seorang laki2 udah membuat kt menangis...mk tak usah dilanjut...pasti ke depannya dia akan membuat kt merana sepanjang masa....
Eh...cowoxnya gak terima dan bilang ma aku ..bahwa dia sangat mencintai Bidadariku dan ingin merubahnya menjadi perempuan yg dewasa krn slm ini manja banget.....
Duch..bgn nich kl akrab ma kekasih anakku...pas ada masalah jd bingung menempatkan diri....
Aku bilang aja ke dia...MUNGKIN AA TERLALU DWS TUK ANAKKU ...JD DIPAKSAKAN JG GAK BAKAL COCOK....
Meski dia minta diberi kesempatan sekali lg...aku tak mau gegabah memaksakan kehendak ma Bidadariku...biarlah dia menyelesaikan dgn crnya sendiri .....dan ternyata ..Bidadariku ini meski manja tp jk ngambil keputusan dewasa banget....sm dgn Abangnya....

Banyak yg protes ttg pola pengasuhanku ....adik2 ku dan saudara2 yg lain jg dgn suamiku...takutnya suatu hr kl aku meninggal ...bagaimana dgn kelanjutan hidup anak2 ku krn sangat bergantung banget sm aku....
Tp bukankah manusia itu diberi kelebihan  untuk melindungi dirinya sendiri ...saat takut mendera ato sm sesuatu yg akan menghancurkan hidupnya.....
Istilahnya manusia itu akan cepat pintar jk kepepet...aku percaya itu....
Buktinya ..dl aku tak bs apa2 bahkan adikku tak th bagaimana kl air itu mendidih saking terlalu dimanja ma kedua ortuku (bedanya Ibu dan Bpkku galaknya minta ampun)...
Tp saat kedua orangtua km meninggal (aku br lulus SMA, adikku SMA, SMP dan SD) ...km tetep bs menjalani hidup meski awalnya berat....justru keadaanlah yg mendidik km jd bs mandiri...cb kl ortu msh ada....bs manja trs sampai tua....

Bingung...bingung...bingung....jdnya hrs bagaimana nich.....

0 komentar:

Posting Komentar