Selasa, 22 Maret 2011

KENAPA AKU & SUAMIKU TERKESAN SEPERTI MEMUSUHINYA........

Jujur ...aku tak berniat sombong ato ngebanggain diri....tp ingin sekedar melepaskan tekanan di dada ini ...
Akibat sejarah kelahiranku di ms lalu ...jd menuai kisah yg membuatku mrs orang yg tak th berterima kasih pd pengasuhku di waktu kecil.....
Aku terlahir sbg bayi prematur ...keluar blm cukup bln ..krn satu dan banyak hal ......

Ibuku menikah saat berumur 12 thn ...bukan hal yg luar biasa waktu jaman itu....maklum orang kampung dan semua teman2nya pun melakukan hal yg sm....dan br mentruasi saat pernikahan berumur 2 thn.....
Wah...aku ngebayangkannya ngeri banget...krn umur segitu msh bloon dan lg sedang manja2 nya....
Boro2 memikirkan kehidupan selanjutnya ...mengenal dirinya sendiri seutuhnya jg mungkin blm bisa....kasihan Ibuku....
Sedangkan Bpkku ..dach termasuk dewasa apa lg saat itu udah jd tentara....

Diusia yg msh muda banget...Ibuku mengandung anak pertama ....tp keguguran ....dan selanjutnya lahir tp meninggal ...
Pd kehamilan anak ketiga...saat diketahui positif....Ibuku langsung disuruh istirahat total....hingga saatnya tiba tuk melahirkan.....
Alhamdulillah hidup dan sehat ....ya kakakku  yg dinamai ..TITO SUDARTONO....maklum anak Jawa ...jd pk SU spy jd  orang yg baik....

Krn senangnya bukan main mendptkan anak ...Ibuku hamil lg ...dan keguguran lg ...trs hamil lg ...dan meninggal saat usianya 2 thn ...dia kakak perempuanku yg dinamai ...LILIS PURDANIK.....
Saat itu Ibuku lg mengandung aku 7 bln....entah krn stress terlalu tinggi ....meski kurang bln aku lahir kedunia .....

Mungkin krn banyak hal...kulitku hitam sekali jauh ma Bpk dan Ibuku yg kebetulan berkulit putih...bgt jg dgn kakakku yg laki2 dan perempuan jg berkulit bersih ...benar2 spt anak yg dimasak lp diangkat.....gosong...
Hidungku jg pesek...pokoknya gak ada bagus2 nya....
Beratku jg cm sebesar botol kecap dan perlu penangan yg extra buat ngurusnya....mandi hrs pk minyak klapa dan tiap mlm diberi penghangat....
Mungkin krn semua itu ...mataku sjk kecil kurang jelas kl melihat sesuatu di malam hr.....ktnya mmg bayi prematur sering bermasalah dgn mata....entahlah....

Wajar skl kl Ibuku sangat sayang ma aku dan kakakku ....krn tuk mendptkannya benar2 memerlukan perjuangan jiwa raga dan doa....mknya Ibuku sll bilang kl aku dan kakakku adalah bayi mahal....
Kepolosan Ibuku ini direspon ma tetanggaku ..bahwa kl aku dipelihara ma Ibuku sendiri akan meninggal jk dach mencapai usia 2 thn...pas banget dgn usia kakakku saat meninggal....
Akhirnya krn takut kehilangan aku...jdlah aku diurus ma tetanggaku ini....

Entah kebetulan ato apa ...sjk diurus ma orang lain ...Ibuku hamil lg adikku yg perempuan dan kemudian perempuan lg dan terakhir laki2....kl ditotal ada 12 ....buset.....aku tak bakalan sanggup mengandung dan melahirkan sebanyak itu...apa lg biayanya sekarang...awwww....awww....berat...berat....mknya cukup 2 aja....
Menurutku sich logikanya ...krn ngurus anak itu capek luar biasa...jd beban Ibuku lumayan ringan krn hanya terfokus sm bayi dlm kandungan aja....
Ya..semua anak2 Ibuku punya pengasuh masing2....kakakku jg ada dan semuanya beda orang.....

Semua pengasuh kakak dan adik2ku ..lepas setelah masuk sd...tp khusus yg mengasuh aku mlh jd saudara...
Dr sn dimulai  kekecewaan Ibuku...ktnya tiap Ibu beli radio, tv sampai lemari es....yg saat itu termasuk barang mewah...sll pengen meski belinya scr mencicil pd Ibuku....
Puncaknya saat tanah depan jalan besar yg jd kebanggaan Bpkku krn ada sawah dan kebunnya ...pengen disulap ma pengasuhku menjadi tempat cuci mobil.....wowww...keterlaluan kali ya....
Kl soal utang dan bayarnya seenaknya ...msh dimaklum.....tp ini tanah kebanggaan....
Mknya sebelum meninggal aku dibekali ilmu tuk menghadapi mrk.....dan Insya Allah akan kujalankan...

Saat aku menikah dgn suamiku yg kebetulan menjadi pegawai Bank ....pengasuhku memohon dipinjamin uang yg sertifikatnya ada di bank lain....weh...weh...mn edun....
Tentu aja kutolak....bs2 menghancurkan karier suamiku...aku dan saudaraku aja gak berani menyalah gunakan kekuasaan suamiku....
Selanjutnya minta sejumlah uang ...yg saat itu kuanggap keterlaluan...hbs melebihi gaji suamiku....
Rupanya mrk kecewa ma aku ...dianggapnya aku tak th diri pdhal aku tak sanggup ...apa lg aku bkn tipe perempuan penuntut ma suami dr dl sampai sekarang....

Saat mendengar Ibu pengasuhku sakit...aku datang ma suamiku membawa makanan yg biasalah bl menengok orang sakit...tp beliau tak mau keluar tuk menemui km.....
Aku pikir sakitnya lumayan parah jd gak mau di ganggu ...sungguh tak punya prasangka apa lg curiga ....

Kejadian kedua ....saat Ibu pengasuhku ini ketemu di jalan....krn mrs jd anaknya aku bermaksud tuk cium tangan...tp beliau pura2 tak kenal....di sini aku br menyadari ...oh...mungkin gr2 ditolak keinginannya...beliau jd membenci aku....
Sampai puncaknya ktk beliau bikin selamatan dan kedua anakku hadir.....inilah yg membuat aku dan suamiku jd sakit ht....
Krn yg lain diberi bingkisan sedangkan kedua anakku tidak.....karuan aja krn mrk msh kecil jd menangis....
Wah...benar2 udah benci ma aku...sampai anakkupun jd sasarannya....
Ya udah...suamiku bilang ...DIA JUAL ...KT BELI...REPOT AMAT....aku mulanya gak setuju...krn kan aku pernah diurusnya...

Suamiku benar2 sangat membencinya...krn scr kebetulan saat berdagang ...mrk tetanggaan dgn adik perempuan suamiku....semua fitnah dan kebencian mrk di crtkan ma adik iparku itu....mungkin krn saking kesalnya pk bumbu macam2....
Aku sebenarnya masa bodoh (gak maksa orang lain buat sayang ma aku kok) .....orang benci kan lbh nyaman ngomong yg jelek2....biar terlihat kebenciannya....
Mungkin dgn berlalunya waktu akan ketahuan siapa yg memmanfaatkan siapa....krn aku lbh mempercayai omongan Ibuku sendiri...

Pantas saja Ibuku hidupnya spt mesin pencetak uang....krn ingin anak2 yg dilahirkan dgn susah payah bs hidup layak dan senang....
Maapkan aku Mak....dl pernah menilai salah ....krn kl aku perlu bicara sebentar jg sk dibentak.....saking sibuknya melayani pembeli yg tiap hrnya antri dan antri trs....
Dr pengalaman Ibuku....aku berjanji tak akan anakku diasuh oleh  orang lain selain aku....dan bagiku anak adalah sglnya ...meski warungku lg laris2 nya ..aku akan langsung menutup warungku jk anakku lbh butuh perhatian .....
Alasan aku mencari uang kan krn buat anak2 ku...jd mrk tetap prioritas utamaku.....

Lucunya para tetangga yg thnya cm seiprit kadang mendakwaku sbg anak yg tak th membalas budi.....dan tak th berterima kasih...padahal kejadian sebenarnya.....cukup aku dan Ibuku saja yg th.....
Ibuku dan aku tak sk menjelekkan mrk ...krn apa untungnya...alih2 pembelaan diri malah jd berbalas pantun yg berkepanjangan...capek dech....
Biarlah orang lain menilai aku dan suamiku spt apa ...yg paling th kan Ibu dan ALLAH SWT.....

0 komentar:

Posting Komentar