Rabu, 25 Mei 2011

DILARANG BICARA KASAR APA LAGI SAMPAI MELAKUKAN KEKERASAN..ITU YANG SELALU KUAJARKAN PADA KEDUA ANAKKU

Saat kakak dan ketiga adikku berkumpul di rumahku,kedua anakku sangat ter kaget2. Krn km mengobrol pk bhs sunda yg kasar skl. Pdhal slm ini aku sll mengajarkan pd mrk agar memakai bhs yg bgs dan dilarang bcr keras apa lg kasar. Mrk protes, kok MM jd spt orang aneh. Sm kita2 dan anak kos serta tetangga slm ini sll menggunakan bhs yg halus dan baik, kok sm saudara sendiri kasar skl.Aku jd bingung menjelaskannya, krn dl sewaktu kcl km sekeluarga terbiasa pk bhs campuran antara jawa dan sunda yg lumayan kasar. Hingga krn terbiasa jd aja kebiasaan jelek ini terpelihara sampai km setua ini.

Krn ingin merubah kebiasaan jelek spt ini, aku sll tertarik sm laki2 yg bhs sundanya halus dan bagus
Dan itu pl lah yg membuat aku naksir abis sm lelaki yg kini jd suamiku sekarang
Namun setelah menikah, beliau ogah ngajarin aku belajar bhs sunda.....hbs bhsku kasar skl
Takutnya nggak akan bs ngikuti dan akhirnya mlh jd berantem krn tersinggung
Jd setelah kedua anak km lahir, aku sll memakai bhs Indonesia krn suamiku melarang aku memakai bhs sunda tuk berkomunikasi dg kedua anakku.....maklum tkt menularkan kebiasaan berbhs yg jelek...

Tp keinginanku belajar bhs sunda yg bgs tak pernah surut dan akhirnya kutemukan pd anak kosku
Setiap anak kos yg berasal dr daerah sunda, sll kuajak memakai bhs mrk
Kalau aku tak bs apa lg tak th, aku sll meminta mrk tuk memberi th dan menjelaskan apa artinya
Alhamdulillah, sedikit banyak aku jd agak mengerti dan bs melafalkannya dg lumayan
Mknya kedua anakku tak pernah mendengar aku bicara kasar dan keras sampai akhirnya seluruh saudaraku datang

Bagaimana aku bs merubah kebiasanku ber bhs sunda yg baik kpd seluruh keluargaku
Krn waktu aku kecil, kuajak kakakku memakai bhs sunda yg halus ....
Ternyata jawabannya sungguh membuatku kapok tuk melakukannya lg, hbs kakakku jd melongo spt melihat manusia aneh kemudian tertawa ngakak trs2 an bak melihat pelawak yg sangat lucu
Demikian dg ketiga adik2ku....yach..akhirnya km semua tetap aja berbhs sunda yg kurang bagus tuk didengar semua orang....

He..he...kl salah satu keluargaku  nelpon, Jagoanku akan berkicau....HE...HE...PASTI DECH PAKE BHS YG KASAR...
Pa lg kl semua keluargaku berkumpul...WADUH....SEPERTI MENDENGAR ORANG KAMPUNGAN LAGI BERPESTA....
Wis..wis...yg penting kalian semua tak kasar spt keluarga MM..

0 komentar:

Posting Komentar