Sabtu, 23 April 2011

JANGAN PERNAH BERHENTI MENJADI ORANG BAIK

Ayah, keluarga ini dl baik banget ma orang tuaku apa lg Almarhum Ibunya. Eh, yg disebut Ayah itu kemudian menyuruhku tuk mengeluarkan semua rokok2 yg ada di etalase. Semua diborongnya bahkan menanyakan msh ada stocknya lg nggak. Aku jd kaget bercampur senang. Krn perempuan itu dlnya adalah tetanggaku yg paling sengsara. Bpknya seorang tk Becak tp anaknya l2 orang. Ibuku aja yg punya 5 anak sering pusing mengatur biaya hidup, apa lg keluarga mrk. Ternyata roda kehidupan berputar dan Allah kurasa adil pd umatnya. Perempuan itu menikah dgn seorang yg kaya raya. Dan dia ingin memperkenalkan suaminya pdku. Duch, senangnya...aku ikut bahagia krn ternyata hidupnya berubah total.

Waktu kukecil, Ibunya sering melamun di halam depan rumahku sambil terkadang mengeluarkan air mata
Ibuku sk kasihan melihatnya, apa lg kl anak2 nya pd sakit.
Krn itulah Ibuku sk memberinya beras, baju2 bekas dan terkadang jg uang
Hbs keluarga mrk tak satupun ada yg gemuk, semuanya pd kurus kering krn benar2 kurang makan

Setelah kedua orang tuaku meninggal, aku jg sk melakukan kebiasaan yg sm dg almarhum Ibuku dl
Krn setelah menikah hanya akulah yg menepati rumah warisan orang tuaku
Otomatis Ibu itupun bergaya sm krn meski ada anaknya yg udah menikah, msh tetap gak ada perubahan
Bahkan lbh menderita lg krn ditambah dg kehadiran cucunya

Suamiku pernah marah krn saat masakanku blm mateng dia udah datang membawa panci, kubilang biarkan aja, di bgt krn saking laparnya
Wajar sich kl beliau marah, siempunya makanan blm makan udah mau diduluin, tp aku berpikirnya lain
Kl dia mampu tak mungkinlah akan berbuat spt itu
Yg membuat aku pengen tertawa saat dia minta makan dan kebetulan aku tak masak
Dia berpuisi yg mengharukan, ktnya udah beberapa hr gak makan krn aku jarang masak
Eh..suamiku menggodanya...lanjutkan aja biar nanti jd sakti....
Pdhal dia sebenarnya ingin bilang...kl tak ada makanan beras pun boleh apa lg ditambah uangnya

Sekarang krn dimuliakan Allah semua kemiskinan itu telah berlalu
Hidup di rumah yg lumayan bagus dg mobil lbh dr satu, kehidupannya pun berubah total
Tp dia mmg orang baik, kl ketemu di jalan sk nyapa dan kadang mengajak aku tuk mengunjungi rumahnya
Bahkan dia nanya pengen makanan apa, nanti akan disediakan...aih btp tersanjungnya aku...
Ternyata biar udah kaya, htnya tak berubah ...msh ingat aku dan almarhum Ibuku

Semoga aku tak berubah meski hidupku sederhana skl, aku berusaha agar jgn sampai berhenti berusaha menjadi orang baik spt Almarhum Ibuku dl
Krn meski beliau udah meninggal, kebaikannya tetap dikenang orang yg pernah ditolongnya

0 komentar:

Posting Komentar